Menyikapi berbagai pertanyaan yang muncul pada permasalahan dapodik dikmas, untuk itu dari blog ini kami share sebuah Faq Dapodik Dikmas...
Menyikapi
berbagai pertanyaan yang muncul pada permasalahan dapodik dikmas, untuk itu
dari blog ini kami share sebuah Faq Dapodik Dikmas PAUD
Tanya:
Dimana bisa mendownload aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS?
Jawab: Website resmi DAPODIK PAUD-DIKMAS http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/
Tanya:
Apakah aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS bisa dijalankan tanpa koneksi internet?
Jawab: Bisa. Aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS hanya membutuhkan koneksi internet
pada saat Registrasi dan Sinkronisasi.
Tanya:
Bagaimana lembaga saya bisa mendapatkan kode registrasi?
Jawab: Hubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
Tanya:
Apa syaratnya memiliki kode registrasi?
Tanya:
Saya sudah punya NPSN tapi kenapa tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/ ?
Jawab: Mungkin masuk residu/perlu konfirmasi. Kontak Dinas Pendidikan Setempat,
mohon agar lembaga yang tidak terdaftar tersebut NPSN nya
dikonfirmasi/diaktifkan melalui Aplikasi Verval SP PDSP.
Tanya:
Saya sudah punya NPSN tapi tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id juga tidak terdapat di
Verval SP. Apa yang harus dilakukan?
Jawab: Coba kontak PDSP-K http://pdsp.kemdikbud.go.id/?cont=kontak atau Coba join ke grup
Helpdesk NPSN https://www.facebook.com/groups/489326791107449/ dan bertanya disana
Tanya:
Aplikasi yang digunakan sekarang yang versi berapa?
Jawab: Aplikasi v.1.1.2 dan Patch v.1.1.3.uj
Tanya:
Yang mana yang harus diinstall Aplikasi v.1.1.2 atau patch v.1.1.3.uj?
Jawab: Install dulu aplikasi v.1.1.2 lalu install/jalankan patch v.1.1.3.uj
Tanya:
Apa bedanya registrasi online dan offline
Jawab: Registrasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet,
Registrasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet,
sebelum melakukan registrasi offline lembaga wajib memiliki kode registrasi dan
file prefill yang diunduh dari Aplikasi manajemen di bagian Manajemen Prefill
dan Data -> Unduh prefill http://118.98.233.177:616/#/laman/prefill
Tanya:
Apakah aplikasinya bisa untuk mengentry banyak lembaga di satu laptop?
Jawab: Bisa. Registrasikan lembaga pertama, keluar, registrasikan lembaga
kedua, keluar registrasikan lembaga ketika dan seterusnya.
Tanya:
Apakah boleh sinkron berkali-kali
Jawab: Boleh.
Tanya:
Apa bedanya sinkronisasi online dan offline
Jawab: Sinkronisasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan
internet, Sinkronisasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung
dengan internet, setelah melakukan validasi -> sinkronisasi di komputer yang
offline, Aplikasi akan mengunduh file backup yang kemudian diupload di komputer
yang terhubung internet melalui aplikasi Manajemen di bagian Manajemen Prefill
dan Data -> Upload Data http://118.98.233.177:616/#/laman/upload
Tanya:
Dimana bisa mengecek status sinkronisasi?
Jawab: Cek status sinkronisasi aplikasi manajemen, bagian Daftar Pengiriman http://118.98.233.177:616/#/laman/daftar_pengiriman
Tanya:
Aplikasi saya gagal sinkron terus, berhenti di 20%
Jawab: Biasanya karena menggunakan installer v.1.1.0. Coba uninstall aplikasi
lalu install aplikasi ke versi 1.1.2 lalu patch ke 1.1.3, jika sudah terlanjur
mengisi dan sudah banyak data yang dientri, coba langkah berikut untuk update
instalasi dengan membackup data terlebih dahulu https://www.facebook.com/groups/dapodikpauddikmas/1655552731326357/
Tanya:
Aplikasi saya sudah berhasil sinkron, tapi statusnya Gagal Proses terus.
Jawab: Biasanya karena belum update ke v.1.1.3.uj, download patch v.1.1.3.uj
dari http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/ jalankan ulang
patch-nya lalu sinkronisasi lagi.
Tanya:
Kalau saya jalankan update patch v.1.1.3 apakah data saya akan hilang?
Jawab: Tidak. Patch cuma memperbaiki aplikasi dan tidak menyentuh data.
Tanya:
Sinkronisasi saya statusnya "Diterima" apa artinya?
Jawab: Arti Status sinkronisasi adalah sebagai berikut
Diterima
(Hijau): Data sudah terkirim ke server dan siap untuk masuk antrian proses
memasukkan ke database pusat
Proses
(Ungu): Data sedang diproses untuk masuk ke database pusat
Selesai
(Biru): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat.
Selesai
* (Oranye): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat, dalam
pemrosesan terdapat pembersihan data.
Gagal
Proses (Merah): Data gagal diproses masuk ke database pusat.
Tanya:
Kalau statusnya Selesai * apa berarti datanya belum aman?
Jawab: Datanya sudah aman diproses ke database pusat, ada pembersihan data,
tapi dilakukan secara otomatis, operator tidak perlu melakukan apapun.
Tanya:
Saya sudah registrasi tapi kenapa tidak bisa masuk ke aplikasi manajemen?
Jawab: Kalau registrasinya dilakukan secara offline, maka akunnya tidak akan
terhubung dengan aplikasi manajemen, agar bisa login ke aplikasi manajemen,
silahkan lakukan registrasi offline dengan menggunakan kode registrasi lembaga
tersebut.
Tanya: Saya sudah sinkron, tapi ketika cek
ke Aplikasi Manajemen data Peserta Didik dan PTK nya belum masuk. Kenapa?
Jawab: Biasanya karena Peserta Didiknya belum dimasukkan ke Rombongan Belajar
dan PTK nya belum diberi penugasan.