Evaluasi pembelajaran dan Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Dalam pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini perlunya kita mengetahui beberapa step by step dalam pengelolaannya, tak hanya itu k...

Dalam pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini perlunya kita mengetahui beberapa step by step dalam pengelolaannya, tak hanya itu kita sebagai pendidik juga dituntut dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, namun dalam melaksanakan itu semua adanya standart proses yang harus kita laksanakan, berikut dalam ulasannya bahwa Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi :
1.     perencanaan pembelajaran;
2.     pelaksanaan pembelajaran;
3.     evaluasi pembelajaran; dan
4.     pengawasan pembelajaran.

Dalam Perencanaan pembelajaran harus dilakukan melalui  pendekatan dan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, karakteristik anak, dan budaya lokal.
Selain itu Perencanaan pembelajaran meliputi:
1.     program semester (Prosem);
2.     rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM); dan
3.     rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH).

Perlu ditekankan kembali bahwa Perencanaan pembelajaran harusnya disusun oleh pendidik pada satuan atau program PAUD.
(1)        Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui bermain secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, kontekstual dan berpusat pada anak untuk berpartisipasi aktif serta memberikan keleluasaan bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis anak.
(2)        Interaktif merupakan proses pembelajaran yang mengutamakan interaksi antara anak dan anak, anak dan pendidik, serta anak dan lingkungannya.
(3)        Inspiratif merupakan proses pembelajaran yang mendorong perkembangan daya imajinasi anak.
(4)        Menyenangkan merupakan proses pembelajaran yang dilakukan dalam suasana bebas dan nyaman untuk mencapai tujuan pembelajaran.
(5)        Kontekstual merupakan proses pembelajaran yang terkait dengan tuntutan lingkungan alam dan sosial-budaya.
(6)        Berpusat pada anak merupakan proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan karakteristik, minat, potensi, tingkat perkembangan, dan kebutuhan anak.

Perlu diketahui bersama bahwa Pelaksanaan pembelajaran juga harus menerapkan prinsip:
a.     kecukupan jumlah dan keragaman jenis bahan ajar serta alat permainan edukatif dengan peserta didik; dan
b.     kecukupan waktu pelaksanaan pembelajaran.

Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran harian yang mencakup :

a.     kegiatan pembukaan;
Kegiatan pembukaan pembelajaran merupakan upaya mempersiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk melakukan berbagai aktivitas belajar.

b.     kegiatan inti;
Kegiatan inti merupakan upaya pembelajaran yang dilakukan melalui kegiatan bermain yang memberikan pengalaman belajar secara langsung kepada anak sebagai dasar pembentukan sikap, perolehan pengetahuan dan keterampilan.

c.     kegiatan penutup
Kegiatan penutup merupakan upaya menggali kembali pengalaman bermain anak yang telah dilakukan dalam satu hari, serta mendorong anak mengikuti kegiatan pembelajaran berikutnya.

Dilanjut dengan Evaluasi pembelajaran juga harus mencakup evaluasi proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik untuk menilai keterlaksanaan rencana pembelajaran. Evaluasi hasil pembelajaran dilaksanakan oleh pendidik dengan membandingkan antara rencana dan hasil pembelajaran. Hasil evaluasi sebagai dasar pertimbangan tindak lanjut pelaksanaan pengembangan selanjutnya.
Pengawasan pembelajaran merupakan proses penilaian dan/atau pengarahan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Pengawasan pembelajaran dilakukan dengan teknik supervisi pendidikan. Pengawasan pembelajaran dilakukan oleh kepala satuan atau program PAUD terhadap Guru PAUD/Guru Pendamping/Guru Pendamping Muda secara berkala minimum satu kali dalam satu bulan.

Demikian Standar Proses pada PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.

Semoga Artikel ini bermanfaat 

COMMENTS

Name

Berita Download Galery Info Sekolah Prestasi Profile
false
ltr
item
RA dan KB USHULUDDIN : Evaluasi pembelajaran dan Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Evaluasi pembelajaran dan Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihIzz93tiQNuhHVp7pQU5EK7YrxB8WBMlsfziFuVi_xsFUqjs69r4Uz3WtSzea8j2uXOWjGB_i8KLqgMU6YIrWf_Q7OQIWRgno46OUchUaTwwB4oAoHgv1ktYo0gD4ZMA7BOGnTOtflaxR/s320/paud1.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihIzz93tiQNuhHVp7pQU5EK7YrxB8WBMlsfziFuVi_xsFUqjs69r4Uz3WtSzea8j2uXOWjGB_i8KLqgMU6YIrWf_Q7OQIWRgno46OUchUaTwwB4oAoHgv1ktYo0gD4ZMA7BOGnTOtflaxR/s72-c/paud1.png
RA dan KB USHULUDDIN
https://raushuluddin.blogspot.com/2015/12/evaluasi-pembelajaran-dan-standar.html
https://raushuluddin.blogspot.com/
http://raushuluddin.blogspot.com/
http://raushuluddin.blogspot.com/2015/12/evaluasi-pembelajaran-dan-standar.html
true
3784105048163896154
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy